なす の 田楽 だん にもの


 

 

 

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)


(Terung tumis dengan taburan saus miso)
4 terung (masing-masing sekitar 80 g)
4 sendok makan (60 g) pasta miso
4 sendok makan gula
50 ml air
2 sendok makan minyak goreng

(Terung rebus)
4 terung (masing-masing sekitar 80 g)
1 cabai merah kering
1 1/3 sendok makan gula
2 sendok makan kecap asin Jepang
400 ml air
2 sendok makan minyak goreng


Persiapan

  1. (Terong tumis dengan taburan saus miso) Masukkan 4 sendok makan pasta miso dan 4 sendok makan gula ke dalam panci dan aduk merata. Tambahkan 500 ml air dalam dua tahap untuk melarutkan campurannya.
  2. Tempatkan panci pada api sedang. Gunakan spatula kayu untuk mengikis miso dari dasar panci, sambil terus memasak dan mengaduk hingga campurannya jadi kental seperti mayones.
  3. Selanjutnya, olah terungnya. Potong ujung tangkainya dan belah memanjang tiap terungnya. Dengan permukaan yang dibelah menghadap ke atas, gunakan pisau untuk membuat irisan dangkal diagonal kira-kira setiap 1 cm. Masing-masing irisan dalamnya harus sekitar 5 mm. Untuk membuat pola jeruji, tambahkan irisan diagonal berjarak 1 cm dengan arah berlawanan. Rendam terung ke dalam mangkuk yang penuh dengan air, dengan permukaan yang dibelah menghadap ke bawah.
  4. Tempatkan panci penggorengan pada api sedang dan masukkan satu sendok makan minyak. Keringkan terung sepenuhnya menggunakan tisu dapur, lalu masukkan ke dalam penggorengan, dengan permukaan yang dibelah menghadap ke bawah. Tutup penggorengan dan masak selama 2 menit dengan api kecil. Saat permukaan yang dibelah sudah coklat keemasan, balik dan tambahkan satu sendok makan minyak. Tutup penggorengan dan masak selama 3 menit lagi. Begitu terungnya sudah lembut, pindahkan ke piring saji dengan permukaan yang dibelah menghadap ke atas. Ratakan lapisan tipis saus miso di permukaan terungnya.
  5. (Terung rebus) Potong ujung tangkai terung dan belah memanjang. Letakkan di atas talenan dengan kulit menghadap ke atas. Dengan menggunakan pisau, toreh kulitnya dengan irisan diagonal, berjarak 5 mm. Irisannya harus sedalam sekitar 5 mm. Begitu irisannya sudah dibuat, rendam terung di dalam mangkuk yang penuh air.
  6. Rendam cabai merah yang telah dikeringkan hingga lembut. Buat irisan memanjang sepanjang sisinya dan buang biji-bijinya. Iris cabai menjadi bulatan-bulatan tipis dengan ketebalan sekitar 5 mm.
  7. Masukkan 2 sendok makan minyak goreng ke dalam panci dan ratakan. Keringkan terung menggunakan tisu dapur dan letakkan dengan kulit menghadap ke bawah di penggorengan lalu tumis dengan api sedang.
  8. Begitu terungnya sudah terlapisi sepenuhnya dengan minyak, masukkan air dan gula, serta separuh dari irisan cabai. Tempatkan piring yang hanya 2 cm lebih kecil daripada diameter panci tepat di atas terungnya dan rebus dengan api sedang selama 5 menit. Setelah 5 menit berlalu, angkat piring itu untuk memeriksa jika terungnya sudah lembut. Tambahkan kecap asin Jepang dan kecilkan apinya. Tempatkan piring di atas terung lagi dan rebus terus selama 10 hingga 15 menit.
  9. Angkat piringnya dan periksa rasa dari kuah masakannya. Jika belum terasa kuat, teruslah merebus sedikit lagi. Jika rasa terlalu kuat, tambahkan sedikit air.
  10. Pindahkan terung ke piring saji dengan sisi kulit menghadap ke atas dan hiasi dengan sisa irisan cabai merah. Tuangkan banyak kuah masakan di atas terung dan nikmatilah hidangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...