Takoyaki Simple


 

 

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)


(20 takoyaki)
100g gurita rebus
1 butir telur
150ml air
1 sendok teh shoyu
1/4 sendok teh garam
150ml (sekitar 70g) tepung terigu
4 daun bawang kecil
3 sendok makan (15g) remah-remah tempura atau agedama

(bahan untuk agedama)
2 sendok teh telur kocok
2 sendok makan air
2 sendok makan tepung terigu

1 sendok makan acar jahe merah (disesuaikan selera)
cakalang serut katsuobushi

minyak
saus tonkatsu atau saus chuno
mayones

Persiapan

  1. Pertama, buat agedama. Aduk telur kocok, air dan tepung terigu di dalam mangkuk kecil. Panaskan minyak di wajan hingga mencapai suhu 160 derajat Celsius. Untuk memeriksa temperatur minyak di wajan, masukkan setetes adonan ke dalam wajan. Jika adonan tersebut langsung naik ke atas permukaan setelah tenggelam ke dalam dasar wajan, maka temperatur minyaknya sudah pas.
  2. Tuang semua adonan sekaligus dan langsung aduk-aduk agar tercipta remah-remah. Setelah digoreng selama 3 menit, angkat dan tiriskan di atas wadah berlapis tisu dapur.
  3. Potong dadu gurita dengan ukuran sekitar 1cm, iris-iris tipis daun bawang dan cincang acar jahe merah menjadi ukuran sekitar 5mm. Remas katsuobushi dengan tangan Anda untuk menjadi serpihan yang lebih kecil lagi.
  4. Masukkan telur kocok, shoyu, garam dan setengah bagian air ke dalam mangkuk. Tambahkan dengan tepung terigu dan aduk rata, masukkan air yang tersisa dan aduk lagi.
  5. Masukkan gurita, irisan daun bawang, jahe, katsuobushi dan tiga sendok makan agedama, kemudian aduk rata.
  6. Saat adonannya sudah siap, panaskan wajan dengan 1 sendok teh minyak. Gunakan api kecil dan tuang satu sendok makan adonan.
  7. Lipat setiap sisi adonan yang melebar ke bagian tengah agar adonan menjadi bundar. Tuang lagi satu sendok makan adonan di samping adonan sebelumnya dan lakukan proses yang sama. Tuangkan satu sendok makan adonan satu per satu. Masak selama 3 menit, lalu balik dan masak lagi selama 3 menit.
  8. Ketika sudah jadi, sajikan di atas piring dengan saus dan mayones di atasnya. Lalu taburi dengan katsuobushi dan takoyakinya siap disantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...