Nishiki-tamago (Potongan telur lapis kukus)

 

 Bahan-bahan (Untuk 4

4 telur
60 g gula
sedikit garam


Persiapan

  1. Masukkan 4 telur ke dalam panci penggorengan dengan secukup air guna merebusnya serta 1 sendok teh garam. Nyalakan api sedang. Saat airnya mendidih, kecilkan apinya dan rebus selama 10-11 menit. Setelahnya segera masukkan telur rebus ke dalam air dingin untuk mendinginkannya dengan cepat. Gantilah airnya agar tetap dingin. Kupas telurnya, lalu bilas untuk membersihkan sisa-sisa kulit telur. Letakkan telur di dalam saringan untuk ditiriskan.
  2. Iris telurnya untuk mengeluarkan kuning telurnya. Bilas putih telur untuk membersihkan sisa-sisa kuning telur lalu keringkan dengan tisu dapur. Letakkan saringan logam kecil di atas cawan, lalu letakkan putih telur dalam saringan itu. Gunakan lengkungan sendok untuk menekan putih telur agar tersaring jatuh ke dalam cawan di bawahnya. Cuci saringan dan keringkan dengan tisu dapur. Ulangi proses ini untuk kuning telur dalam cawan yang berbeda. Menggunakan spatula atau sendok kayu, aduk perlahan 35 g gula ke dalam saringan kuning telur, serta 25 g gula dan sejumput garam ke dalam saringan putih telur.
  3. Letakkan saringan putih telur dalam kain lap bersih, lalu gunakan kain tersebut untuk membentuk putih telur menjadi seperti batang berukuran panjang 12 cm. Bungkus dengan tisu untuk menyerap kelebihan air. Bentangkan pembungkus plastik berukuran 25 x 25 cm. Letakkan kuning telur di tengahnya dan bentuk menjadi persegi berukuran 12 x 12 cm.
  4. Letakkan putih telur yang berbentuk batang di tengah kuning telur yang berbentuk persegi. Angkat dua ujung pembungkus plastik untuk mengangkat kuning telur agar membungkus putih telur yang berbentuk batang, sehingga membentuk gulungan. Bungkus ketat gulungan dalam plastik lalu masukkan dalam alat pengukus selama 10 menit dengan api sedang. Buka pembungkus plastik untuk mengeluarkan uapnya. Biarkan mendingin. Potong menjadi irisan setebal 1 cm. Susun dalam piring.
  5. (Cara lain untuk membuat bentuk kotak telur lapis)Ikuti petunjuk hingga Langkah ke-2. Letakkan pembungkus plastik di bagian dalam wadah berukuran panjang 10 cm, lebar 7 cm dan tinggi 5 cm. Masukkan saringan putih telur menjadi lapisan yang merata, kalau perlu tekan-tekan dengan lembut untuk meratakannya. Kemudian masukkan saringan kuning telur menjadi lapisan merata di atas lapisan putih telur tadi, kalau perlu tekan-tekan juga untuk meratakannya. Masukkan wadah ke dalam alat pengukus selama 10 menit dengan api sedang. Begitu dingin, angkat dari wadah dan potong menjadi ukuran sekali saji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...